Sejarah didirikanya Aplikasi Whatsapp

WhatsApp menjadi aplikasi chat paling populer saat ini. Aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 1,5 miliar pengguna diseluruh dunia. Bahkan menurut laporan Sensor Tower, WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di Play Store dan App Store selama 2019.

Untuk diketahui, WhatsApp awalnya didirikan oleh dua mantan karyawan Yahoo!, Brian Acton dan Jan Koum. Aplikasi kemudian diluncurkan pertama pada November 2009, setelah pengujian.

Awalnya, WhatsApp hanya eksklusif hadir di App Store. Hingga selang beberapa tahun kehadiran WhatsApp semakin dicintai pengguna. Bahkan pada 2013, WhatsApp mengklaim memiliki 400 Juta pengguna aktif.

Pada 19 Februari 2014, Facebook, Inc. mengakuisisi WhatsApp sebesar USD19 miliar. Ini merupakan salah satu akuisisi terbesar hingga saat ini. Kemudian, pada 18 Januari 2016, salah satu pendiri WhatsApp Jan Koum mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi membebankan biaya berlangganan tahunan USD1 kepada pengguna, dalam upaya untuk menghilangkan penghalang yang dihadapi oleh pengguna tanpa kartu kredit.

la juga mengatakan bahwa aplikasi tersebut tidak akan menampilkan iklan pihak ketiga mana pun, dan bahwa ia akan memiliki fitur-fitur baru seperti kemampuan untuk berkomunikasi dengan bisnis. Hingga saat ini memang, fitur pada WhatsApp sudah sangat canggih.

Aplikasi whatsapp bisa digunakan untuk berkirim gambar, video, suara, video call, panggilan grup, dan banyak lagi. Namun, beberapa kasus penyerangan kepada WhatsApp juga sering terjadi.

Pada 2017, salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton memilih mundur dan memulai bisninya sendiri dan mengembangkan Signal. Lalu Jan Koum juga menyusul keluar pada April 2018. Saat ini WhatsApp dikepalai oleh Chris Daniels.

Subscribe to receive free email updates: